Breaking

Thursday, November 23, 2017

Mengenal Jenis-Jenis Fauna dan Flora Endemik Pulau Sumatra

Hiro-X - Untuk flora dan fauna endemik yang merupakan hewan ataupun tumbuhan yang memang hidup hanya diwilayah tertentu saja. Selain yang ada disulawasi, pulau kalimantan dan juga untuk wilayah-wilayah lainnya, yang ada di pulau sumatra juga memnpunyai beberapa flora dan fauna endemik yang khas di wilayahnya tersebut.
Keanekaragaman dari flora dan fauna pada setiap daerah tentu saja akan sangat berbeda-beda, pastinya disetiap daerah akan memiliki ciri khusus tersendiri. Dan juga keanekaragamaan tersebut berkaitan dengan yang namanya jenis iklim berbeda-beda dan akan dapat memberikan ciri khusus kepada hewan maupun tumbuhan yang ada diwilayah tempat tinggalnya. tanpa terkecuali dengan jenis flora dan fauna yang endemik pulau sumatra, 

Berikut ini kami akan membahas untuk kalian dari endemik yang ada di pulau Sumatera.

Fauna Endemik yang ada di Pulau Sumatra

Orangutan Sumatra
Orangutan yang ada di Sumatra dengan bahasa latinnya adalah (Pongo abelii) merupakan sebuah spesies orangutan terlangka. Orangutan yang ada disumatra hidup dan endemik di pulau Sumatra, sebuah pulau yang terletak di Indonesia. Ukuran dari mereka lebih kecil jika kalian ibandingkan dengan spesies orang utan yang ada dikalimantan. Orangutan yang terdapat di sumatra hanya memiliki tinggi berkisar antara 4,6 kaki dan berat 200 pon, sedang kan untuk betina hanya memiliki ukuran lebih kecil yakni dengan tinggi hanya sekitar 3 kaki dan berat 100 pon.

Orangutan pada jenis ini lebih menyukai buha-buahan dan juga serangga untuk mereka makanannya. Orangutan yang terdapat di sumatra juga lebih bersosial jika kalian bandingkan dengan orangutan yang ada di kalimantan, mereka akan berkumpul untuk dapat saling mendapat makanan dalam jumlah buah yang cukup besar dipohon secara bersama-sama. Akan tetapi pada jenis orangutan yang jantan dewasa biasanya mereka akan menghindari kontak dengan jantan dewasa lainnya.

Survei pada tahun 2004 telah memperkirakan ada sekitar 7.300 ekor orangutan sumatra. Sangat Sedikit sekali Jumlah dari Populasi Hewan ini.

Harimau Sumatra
Dalam bahasa latinnya bisa disebut dengan Panthera tigris sumatrae yang mana merupakan spesies harimau asli datang dari pulau sumatra yang mana termasuk pada subspesies harimau yang masih saat ini bertahan hidup. Ciri dari harimau ini adalah bentuk pada ukuran tubuhnya cukup kecil jika kalian bandingkan pada jenis harimau yang lainnya dengan warna paling gelap di antara semua spesiesnya.

Harimau yang jantan memiliki panjang tubuh sekitar 92 inci dari kepala sampai dengan keekornya dan berat berkisasar antara 140 kg dengan tinggi 60 cm. Sedangkan untuk harimau yang betina memiliki panjang sekitar 78 inci dan berat sekitar 91 kg.

Populasi liar dari harimau sumatera saat ini hanya tersisa sekitar 400-500 ekor dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang sudah di anggap akan terancam punah (critically endangered).

Gajah sumatra
Gajah sumatra merupakan malia yang paling terbesar di Indonesia, dengan berat yang dapat mencapai 6 ton dengan tumbuh tingginya berkisar 3,5 meter pada bahu. Gajah sumatera merupakan subspesies dari gajah asia yang hanya berhabitat dipulau sumatera. 

Gajah jenis ini memiliki postur tubuh lebih kecil jika kalian bandingkan dengan gajah yang ada di india. Sebanyak 65% populasinya sudah lenyap akibat ulah dari tangan - tangan manusia dan 30% akibat dibunuh atau diracuni oleh manusia dari sekitar 2000-2700 ekor. Populasinya semakin menurun dan sudah dapat di pastikan akan terancam punah.

Flora Endemik yang ada di Pulau Sumatera

Rafllessia
Bunga raksasa ini di kenal dalam bahasa latin rafflesia yang mana merupakan tumbuhan parasit yang terkenal karena ukuran dari bunga yang cukup besar, bahkan merupakan bunga terbesar yang ada di dunia. bunga ini tumbuh dalam jaringan merambat dan tidak memiliki daun sehingga tumbuhan ini tidak mampu untuk melakukan yang namanya fotosintetis. 

Bunga ini pertama kali berhasil ditemukan pada tahun 1818 dihutan tropis Bengkulu (sumatera) didekat sungai Manna,Lubuk tapi, kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan penemuan tumbuhan ini Bengkulu dikenal oleh dunia dengan sebutan sebagai The Land of Rafflessia.

Bunga Bangkai
Bunga bangkai atau nama lainnya adalah suweg (dalam bahasa lokal untuk jenis vegetatif) dengan bahasa latin yaitu Amorphophallus titanum Becc. Merupakan sebuah tumbuhan dari jenis talas-talasan endemik yang datang dari sumatra, dikenal dengan bunga majemuk terbesar. Dinamakan bunga bangkai karena bunga ini mengeluarkan aroma bau busuk, dan aroma busuk tersebut sebenarnya memang digunakan untuk menarik serangga kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.

Cempaka wangi
Di dalam bahasa latin disebut dengan Magnolia champaca syn. Michelia champaca merupakan pohon hijau abadi besar dengan bunga putih dan kekuningan dengan aroma wangi yang khas. Cemapaka wangi adalah flora identitas Provinsi Aceh, sumatera bagian Utara.

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

No comments:

Post a Comment