Breaking

Thursday, November 23, 2017

Pengertian Serta Penyebaran Flora Dan Fauna yang ada Di Indonesia Beserta Berikut Contohnya

Hiro-X - Secara sederhana flora yang sudah di kenal adalah tumbuhan dan untuk fauna ialah merupakan sebutan untuk hewan. 

Akan tetapi secara pengertian umum yang dimaksudkan dengan flora ialah keseluruhan dari jenis tumbuhan yang ada bumi ini, dan untuk fauna ialah merupakan segala keseluruhan dari jenis hewan yang ada di bumi ini juga. 
Di Negara Indonesia ialah negara yang memang telah dianugerahi oleh flora dan fauna yang sangat kaya dan juga cukup beragam. Beragam flora dan fauna tersebut telah memiliki tempat tinggal yang juga beragam, mulai yang ada di darat,  dilaut ataupun di udara. 

Berikut ini kami akan coba melakukan pembahasan tentang flora dan fauna.
  • FLORA
FLORA merupakan sebuah kata yang berasal dari istilah bahasa latin yaitu “YAITA” nama dewi pelindung bunga dan juga serta taman, merupakan dewi kesuburan dalam juga dari ilmu Mitologi Romawi. Flora yang diartikan sebagai tanaman ataupun sekelompok tanaman. 

Terdapat pula jenis dari flora endemik, yaitu jenis tanaman yang hanya akan dapat tumbuh pada wilayah tertentu saja. misalnya.
  • Flora Jawa contoh flora jawa ialah melati , 
  • Flora endemik sumatera ialah bunga bangkai (raflesia arnoldi) dan lain sebagainya.

Contoh Flora endemik di Indonesia

Nepenthes clipeata (kantong semar) Flora endemik di Kalimantan Barat

Pometia pinnata (Matoa) Flora Endemik di Papua

Parashorea aptera (sejenis meranti) Flora Endemik di Sumatera

Rafflesia arnoldii (Rafflesia atau Patma Raksasa) Flora Endemik di Sumatera

Piper ornatum (Celebes Pepper / Sirih Merah) Flora  Endemik Sulawesi

  • FAUNA
FAUNA juga berasal dari bahasa latin yang artinya adalah alam hewan. Di fauna terdapat juga jenis fauna endemik, fauna endemik yang berati semua jenis hewan yang memang hanya hidup dan juga tinggal diwilayah tertentu saja. 

Contohnya ialah fauna endemik kalau di kepulauan jawa adalah badak bercula satu, Dan untuk Fauna endemik sumatera yaitu Harimau  Sumatera, Fauna endemik yang ada di Papua yaitu burung cendrawasih. dan lain sebagainya sebagainya.

Contoh Fauna Endemik yang ada Di Indonesia

Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) Fauna Endemik Sulawesi

Burung Elang Flores (Spizaetus floris) Fauna Endemik Flores

Burung Cendrawasih ( Paradisaeidae) Fauna Endemik Papua

Penyebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Di Negara Indonesia terdapat yang namnya keanekaragamaan berupa makhluk hidup. Salah satunya adalah kekayaan dari flora dan juga fauna. kenekaragaman flora dan fauna yang langsung di dukung oleh wilayah yang ada di negara Indonesia merupakan negara yang luas dan juga kaya akan berbagai macam keanekaragaam dari tumbuhan maupun satwa yang ada baik di udara, darat maupun yang ada dilaut.

Persebaran dari flora dan fauna yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti aspek dari geografisnya. Menurut pendapat dari para pakar Zoologi jika fauna yang ada di indonesia memiliki tipe yang mirip dengan tipe fauna yang terdapat di Asia tenggara atau oriental. 

Sementara itu untuk fauna di bagian kawasan Indonesia timur yang akan memiliki kemiripan dengan fauna yang terdapat di benua australia.

Flora dan fauna yang ada di Indonesia dikelompokkan menjadi 3 bagian, antara lain: 
  • Daerah peralihan, 
  • Daerah asia, dan 
  • Pengaruh dari benua australia. 
Hal ini disebabkan karena wilayah yang ada di Indonesia terdapat garis Wallance yang memang dibatasi asiatis dengan peralihan, sedangkan untuk garis webe membatasi anatara bagian peralihan dengan australis.

Dibawah ini merupakan faktor-faktor yang menjadi pengaruh keanekaragamana flora dan fauna yang ada di indonesia.

Kenekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini:

1. Iklim

Faktor yang paling berpengaruh besar terhadap keanekaragaman flora di indonesia antara lain adalah iklim. Kondisi dari iklim pada suatu daerah yang mempunyai pengaruh besar untuk keberlangsunngan dari tumbuh kembangnya suatu tanaman. 

2. Tinggi rendahnya permukaan bumi

Disebut juga dengan faktor fisiografi/topografi yang meliputi ketinggian dan juga kemiringan suatu wilayah. Semakin tinggi suatu wilayah maka suhu pada wilayah tersebut akan langsung mengalami penurunan, Hal itu yang langsung mengacu pada banyaknya jenis jenis tumbuhan khas yang tumbuh di daerah pada tinggi. sedangkan untuk wilayah dengan derajat kemiriingan tanah, semakin terjal tanah maka semakin besar dari kekuatan air untuk mengikis permukaan tanah yang cukup subur. Sehingga jenis dari flora yang hidup lebih sedikit dibandingkan dengan kondisi tanah yang relatif rata dan tinggi. karena cadangan  akan air hilang karena air yang bergerak cepat kebawah.

3. Jenis tanah

Semakin subur tekstur tanah disuatu tempat maka akan semakin banyak juga ragam tanaman yang dapat hidup diwilayah itu.

4. Pengaruh makhluk hidup.

Faktor terakhir selanjutnya adalah pengaruh makhluk hidup, Manusia ternyata dapat merubah lingkungan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. contohnya seperti mengubah daerah hutan menjadi lahan untuk pertanian,perkebunan,penebangan, perumahan dan lain sebagainya. Manusia juga merupakan komponen penting dalam perkembangan akan keberadaannya flora dan fauna baik dalam sikap menjaga kelestarian maupun mengubah kehidupan flora dan fauna.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment