Breaking

Thursday, November 16, 2017

Perkembangan Sistem Operasi dari Generasi ke Generasi

Hiro-X - Masih berbicara tentang Sistem Operasi, yang sebelumnya adalah penyusun atau terbentuknya Sistem Operasi bagaimana. Sekarang kalian juga wajib mengetahui tentang fase perubahan dari Sistem Operasi Generasi Pertama ke Generasi Selanjutnya.

Baca Selengkapnya : Terbentuknya Sistem Operasi
Berikut ini lah fase atau perubahan dari pengembangan sistem operasi generasi ke generasi.

Generasi Pertama

Sistem operasi yang ada pada komputer generasi pertama ialah masih dilakukannya secara manual. Digenerasi pertama inilah, setiap komponen komputer diharuskan dapat dijalankan dengan fungsinya masing - masing. Tidak ada kesatuan antara komponen di sistem operasinya.

Generasi Kedua

Sistem operasi digenerasi kedua ini sudah mulai mengalami perkembangan yang lumayan dari generasi sebelumnya. Hal ini di karenakan sistem operasi sudah tidak lagi berdiri dari masing - masing. Sistem operasi ini sudah mulai menjadi sebuah satu kesatuan atau rangkaian yang dikenal dengan Batch Processing System.

Generasi Ketiga

Sistem operasi digenerasi yang ketiga ini sudah mampu mendukung komputer untuk dapat melakukan berbagai macam pekerjaan dalam satu waktu. Di sistem operasi inilah pada generasi ketiga didukung dengan yang namanya fitur multi-user (pengguna yang beragam), multi-program (program yang beragam, dan multi-task (tugas yang beragam).

Generasi Keempat

Sistem operasi di generasi keempat ini sudah memiliki fitur yang lebih canggih dari sebelumnya. Sistem operasi pada generasi ini didukung oleh fitur GUI (Graphical User Interface). Dengan fitur ini, sistem operasi yang sudah dimemiliki sudah memiliki tampilan gambar atau ikon yang sudah dan mudah dipahami.Tidak seperti pada sistem operasi pada generasi sebelumnya yang masih menggunakan bahasa pemrograman atau rumus tertentu dalam penggunaannya.

Generasi Kelima

Generasi yang sudah paling canggih ada pada sistem operasi di komputer Generasi kelima ini. Sistem operasi pada generasi kelima ini sudah memiliki server yang berbasis website. Maka akan, dibutuhkan jaringan internet untuk dapat menjalankan sistem operasi ini. Selain itu, ada sistem operasi mobile yang juga mudah untuk dapat dioperasikan. Sistem operasi yang berdasarkan pada basis mobile biasanya digunakan pada laptop dan juga smart phone.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment