Breaking

Saturday, December 23, 2017

Cara Cek Pulser Kenadaraan, Dengan MUDAH!

Hiro-X - Pulser pada kendaraan, yang ada pada sepeda motor maupun pada mobil sangat memiliki sebuah peranan yang paling vital. Hal ini di karenakan pulser akan mengalami masalah yang dimaksudkan adalah rusak, maka kendaraan akan susah sekali untuk dapat dikendarai. Akan ttetapi, beberapa dari kalian yang masih awam atau masih baru mungkin tidak terlalu memahami mengenai kondisi dari pulser ini sendiri.
Diwaktu pulser mengalami masalah atau terdapat kerusakan biasanya akan diberengi dengan dengan munculnya beberapa gejala yang terjadi pada kendaraan motor kalian. Gejala-gejala tersebut seperti mesin motor yang akan sulit untuk kalian nyalakan. Ini akan terjadi pada waktu kerusakan di bagian pulser terbilang paling parah. Akan tetapi, gejala awal yang memang telah akan ditandai karena pulser bermasalah ini pulser yang melemah dan juga akan mesin sulit dinyalakan mesinnya. Walaupun mesin masih bisa hidup, namun motor akan lebih berat saat dipacu dijalanan.

Namun, untuk bisa lebih dapat memastikan apakah pulser motor berfungsi atau tidak, berikut ini kami akan memberikan cara cek pulser motor rusak yang cukup mudah untuk dilakukan, bahkan untuk Kalian yang masih baru kenal sekalipun atau awam sekalipun.

Mengecek Pulser Rusak Dengan Mudah
Komponen pada elektronik, pastinya akan ada masanya mengalami kerusakan diseiring dengan waktu. Begitu juga dengan yang namanya sebuah pulser yang terdapat pada kendaraan motor yang juga akan sampai pada waktunya mengalami kerusakan akan menghampirinya. Dan seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya kalau tanda yang paling umum akan terjadi pada motor ketika pulser motor rusak ialah sebuah mesin yang susah untuk dinyalakan dan jika memang masih hidup maka akan terasa sekali putarannya sangat berat. Itulah merupakan sebuah kerusakan yang terparahnya, pulser akan mati maka mesin tidak dapat lagi dapat dihidupkan alias mogok. Inilah keadaan yang paling sering dialami oleh para pengguna dan tidak tahu akan penyebab dari hal tersebut.

Motor yang mogok atau sudah tidak dapat nyalakan lagi memang akan membuat kalian merasa yang namanya Kesal. Apalagi ketika kalian masih ada di jalanan yang masih jauh dari rumah atau tempat tujuan kalian, tentu hal ini akan membuat kalian semakin merasa sebal yang teramat dalam. Beralih dari masalah tersebut, untuk dapat kalian mengetahui cek pulser yang rusak sendiri sebenarnya memang cukup mudah. Kalian hanya membutuhkan beberapa alat dan juga langkah saja sudah bisa mengidentifikasi pulser kalian, apakah pulser tersebut masih berfungsi atau sudah tidak sama sekali yaitu rusak. Dan jika memang pulser motor Kalian bisa dipastikan rusak, yang perlu dilakukan adalah dengan menggantinya dengan pulser moter yang baru.

Untuk masalah cara mengetahui sebuah pulser rusak yang mudah bisa Kalian lakukan, silahkan ikuti beberapa langkah mudah dibawah ini :
  • Pertama Kalian harus menyiapkan alat pengecek pulser yang bernama Avometer. Alat ini yang nantinya akan mengecek arus kistrik pada pulser, apakah masih normal ataupun tidak.
  • Kalian bisa melakukan penyetelan pada Avometer dengan cara memutar selector di KNOP ke skala X10 atau bisa juga pada skala X100.
  • Kalian dapat Mencolokkan probe berwarna merah dan hitam ke terminal pulser. Lakukan pencolokan dengan benar agar cara mengetahui pulser rusak ini berjalan secara efektif.
  • Kondisi pulser tentunya yang dalam keadaan baik, pada Avometer akan menunjuk pada angka 400 ohm. Sementara jika jarum tersebut telah menunjukan angka dibawah 400 ohm maka bisa dipastikan pulser tersebut dalam keadaan sudah rusak. Solusinya adalah dengan mengganti pulser motor ini dengan yang baru.

Demikian lah caranya, cara ini dapat di katakan paling efektif dan merupakan satu-satunya cara untuk dapat kalian mengetahui pulser yang rusak. Jika memang Kalian tidak memiliki alat Avometer ini, silahkan bawa saja motor Kalian. jika memang mengalami gejala-gejala yang sudah kami sebutkan diatas. Lakukan tindakan sesegera mungkin jika Kalian memang tidak mau motor kesayangan semakin rusak.

No comments:

Post a Comment