Breaking

Sunday, December 3, 2017

Fungsi Pilot Jet Serta Main Jet Pada Kendaraan Sepeda Motor

Hiro-X - Jika kalian semua memang Penasaran dengan yang namanya karburator, terutama untuk menyetel ukuran yang pas pada bagian dari pilot jet dan juga pada bagian dari main jet? Oleh karenanya, Kalian semua tidak perlu lagi bingung akan hal terkait dengan masalah tersebut. 

Karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang cara kerja atau fungsi dari pada pilot jet dan main jet pada kendaraan sepeda motor. Seperti yang kalian ketahui bersama, bahwa pada bagian dari karburator ini terdapat beberapa komponen di dalamnya, seperti adanya jarum, pelampung dan ada juga komponen yang bernama pilot jet dan main jet

Dengan demikian, bicara mengenai cara kerja dan fungsi dari pilot jet dan main jet, kedua komponen tersebut memiliki fungsi yang memang paling utama yang terdapat di bagian dalam karburator.

Mesin mulai di starter atau ketika di hidupkan, suplay dari bahan bakarnya akan langsung di alirkan melalui pilot jet. Dan pada saat putaran mesin menengah, suplay dari bahan bakar tersebut tetap mempercayakan pada komponen tersebut. Dapat pula di sebut, yang memang telah menjelaskan komponen tersebut dapat membantu sepeda motor untuk dapat berakselerasi pada putaran bawah sampai menengah. 
Dengan demikian, tidak jarang yang telah menyetel ulang ukuran pilot jet guna untuk mendapatkan beritan yang garang pada putaran mesin di bagian bawah. Akan tetapi, bagaimana caranya untuk mamastikan bahwa ukuran dari pilot jet yang sudah pas atau cocok? Berikut ini merupakan cara kerja dan juga fungsi dari pilot jet dan main jet pada sepeda motor, silahkan kalian dapat simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Pilot Jet Serta Main Jet Pada Sepeda Motor :

Pilot Jet
Sesudah pilot jet dari bawaan motor ditukar dengan ukurannya serta motor di bawa untuk melakukan kecepatan tinggin atau (ngebut), cobalah lihat sisa dari pembakaran yang terdapat di ujung busi, apa bila ada warna putih, hal itu artinya adalah mengisyaratkan suplay dari bahan bakar sangat sedikit. Hal itu apa bila ukurannya sangat kecil, Dengan demikian, apa bila sangat besar jadi bakal nampak pada waktu grip gas di pelintir spontan.

Mesin motor bakal tidak dapat segera meraung pada putaran rendah pada waktu sesudah dan grip gas di buka. Walau dengan demikian apabila terjadi pada putaran mesinnya sudah mulai sama dengan suplay pada bahan bakar, jadi mesin bakal kembali keadaan normal. Hal itu dapat berlangsung sebab pada RPM rendah, suplay dari bahan bakar sangat kaya atau banyak.

Main Jet
Main jet juga ialah satu diantara banyaknya komponen pendukung berupa karburator sebagai penyuplai bahan bakar ke ruangan bakar. Walau dengan manfaatnya serupa tetapi ukuran pada main jet bakal bekerja mengalirkan bahan bakar pada waktu di putaran mesin sudah mencapai  ada di tengah hingga ke atas.

Menerapkan atau memasang knalpot aftermarket guna untuk keuntungannya dalam mendongkrak stamina pada kendaraan sepeda motor yang kalian miliki, biasanya beberapa mekanik bakal merekomendasikan untuk dapat mengganti ukuran dari main jet. Hal itu supaya dapat memperoleh suplay bahan bakar yang cukup cocok, pada waktu RPM mulai main di putaran mesin tengah sampai ke atas.

Dengan demikian, supaya mendapatkan ukuran yang telah cocok, dibutuhkan perhatian atau tanda – tandanya. Apa bila sudah melakukan dalam hal mengganti main jet dan saat motor di bawa ngebut atau di bawa dengan kecepatan tinggi lalu, kemudian terdengar suara menjerit, maka akan langsung dapat di pastikan ukuran main jet itu ialah sangat kekecilan. 

Pastinya dengan ukura main jet yang kecil tersebut membuat kekuatan serta performa motor tidak akan dapat secara maksimal. Akan tetapi, apabila ukuran main jet yang sangat besar maka akibatnya mesin bakan brebet pada waktu di putaran atas. Sudah dapat dipastikan hal itu karena suplay bahan bakar yang sangat banyak atau terlalu berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment