Breaking

Tuesday, December 5, 2017

Penyebab Komputer tidak dapat Melakukan Startup dan Cara Mengatasi Permasalahan

Hiro-X - Komputer yang tidak dapat melakukan startup merupakan suatu permasalahan yang sifatnya umum terjadi, penyebabnya dapat dikatakan sangat bermacam - macam dan juga tidak bisa kita ketahui saat itu juga. Akan tetapi, para pakar komputer yang telah makan garam maksudnya adalah kenal paitnya dunia komputer, dengan ilmu tersebut, menjelaskan ada beberapa macam terkait dengan penyebab dan sekaligus untuk cara mengatasi permasalahan tersebut. 

Komputer merupakan perangkat yang memiliki banyak akan manfaat yaitu positif dan negatid, sebetulnya kembali lagi kepara pengguna komputer tersebut. Kalian akan dapat melakukan sangat banyak pekerjaan dengan menggunakan komputer. Dalam satu waktu, komputer juga ternyata dapat menjalankan beberapa kegiatan secara sekaligus. Hal ini yang menunjukan bahwa dalam membuat komputer menjadi salah satu perangkat yang memang telah banyak dibutuhkan untuk berbagai tujuan. Baik untuk tujuan pekerjaan, pencarian informasi, sampai dengan untuk tujuan sebagai hiburan. 
Akan tetapi, seperti halnya perangkat lunak lainnya, komputer juga ternyata dapat mengalami berbagai masalah. Akan ada banyak masalah yang kerap terjadi pada komputer yang memang kalian miliki. Masalah yang sering terjadi salah satunya ialah komputer tidak dapat melakukan startup. 

Masalah ini merupakan suatu masalah yang kerap sekali terjadi. Saat Kalian semua akan menyalakan komputer, Namun, tiba-tiba komputer Kalian tidak dapat masuk ke program ke dalam sistem operasi seperti windows dan lain sebagainya. Layar komputer Kalian blank, hanya terdapat kursor dan layar kosong saja. Apa yang membuat masalah komputer tersebut dapat terjadi? Solusi untuk cara mengatasinya? Kami akan coba bahas disini.

Penyebab Komputer tidak dapat Melakukan Startup

Komputer yang tidak dapat melakukan startup merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak opara pengguna komputer. Penyebab komputer tersebut tidak dapat melakukan tartup ada banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut, yang sedang kami bahas disini : 
  • Penyebab pertama 

Adanya virus yang telah berhasil menyerang komputer Kalian semua. Virus tersebut ternyata dapat menyerang bagian mana saja yang terdapat pada komputer kalian. Virus ini dapat merusak file, membuat aplikasi tertentu ternyata tidak dapat bekerja, dan yang paling parah ialah membuat komputer kalian tidak dapat melakukan startup. 
  • Penyebab yang kedua 

Dikarenakan dengan adanya software yang tidak sesuai atau tidak kompatibel dengan komputer yang kalian pergunakan. Dalam menginstal sebuah software, kalian wajib sekali mengetahui dan harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan tidak semua software kompatibel satu dengan yang lainnya. 
  • Penyebab yang ketiga

File corrupt, sudah jadi dan memang kerap sekali terjadi pada komputer kalian. File yang corrupt memang biasanya tidak dapat dibuka. Lalu apa jadinya jika file pada sistem operasi kita yang corrupt. Maka, Komputer yang kalian gunakan tidak dapat melakukan startup.

Demikian tiga penyebab terjadinya komputer yang tidak dapat melakukan startup. Oleh karena itu kami juga akan mencoba untuk membagikan solusi terkait permasalahan tersebut, yaitu komputer tidak dapat melakukan startup.

Cara untuk mengatasi komputer tidak dapat melakukan startup

Cara untuk mengatasi komputer tidak dapat melakukan startup pada sistem operasinya ialah dapat dilakukan berdasarkan dari penyebab kerusakan. Adapun cara untuk dapat mengatasi komputer tidak dapat melakukan startup diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Software yang Tidak Kompetibel

Kalian akan dapat melakukan perbaikan dengan cara masuk ke komputer yang kalia sendiri yang memang miliki mode save mode. Safe mode ini dapat dimasuki dengan kalian menekan tombol F5 yang ada pada keyboard pada saat kalian semua melakukan pertama kali menyalakan komputer dan layar baru menyala. Setelah itu kalian akan dapat masuk dengan mode safe mode. 

Hal yang harus kalian lakukan ialah dengan memeriksa aplikasi yang sekiranya menjadi penyebab komputer kalian tidak dapat melakukan startup. Bisa jadi software yang terakhir kali Kalian lakukan installasi software software tersebut yang mencurigakan. Setelah menemukannya, Kalian dapat melakukan unistall pada software yang dimaksudkan. Dengan masuk ke bagian control panel kemudian pilih uninstall Program. Setelah selesai uninstall, Kalian langsung dapat melakukan restart pada komputer Kalian.
  • Akibat Virus

Kalian juga wajib mengetahui dan lakukan adalah dengan kembali masuk dengan mode safe mode dan scan komputer Kalian dengan menggunakan antivirus yang Kalian telah miliki. Jika virus terdeteksi, segera hapus program yang memang terjangkit virus dan lakukan restart ulang pada komputer kalian.
  • Akibat File Corrupt

Silahkan kalian langsung masuk ke bagian bios dan ubah pada bagian boot option yang utama menjadi flaskdisk atau DVD room (sesuai Kalian seperti hal dalam melakukan instal ulang dengan media apa). Tekan tombol apapun pada saat muncul pesan ‘press any key to boot from...’ . Setelah itu, Kalian semua dapat melakukan repair your computer dan melakukan repair sampai selesai.

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment