Breaking

Tuesday, November 14, 2017

Penjelasan Hardware dan Software

Hiro-X - Pada bagian - bagian Komputer yang terdiri dari beberapa jenisnya. Akan tetapi secara umum pada perangkat komputer yang memang memiliki dua buah bagian inti yaitu perangkat keras dan juga memang perangkat lunak. Sebagaimana kalian ketahui, perangkat keras atau Hardware yang memang merupakan komponen atau pada bagian dari pada komputer yang memang berupa fisik dan juga memang bisa kalian sentuh. Sedangkan perangkat lunak, ialah pada bagian dari pada komputer yang memang dengan wujud digital yang tidak bisa kalian sentuh.
Dengan demikian pada kesempatan kali ini, kami hanya ingin membahas dari pada sebuah materi yang seharusnya menjadi bagian dari pada pembahasan pada kesempatan kali ini. Akan tetapi dikarenakan oleh satu hal, bab pada bagian dari pengenalan perangkat atau dari bagian - bagian komputer kita bahas pada bagian dari kesempatan saat ini. Tidak mengapa karena ilmu komputer tidak harus kalian mulai dari hal - hal yang dasar.

Mungkin kalian masih mengingat ketika kalian memang pertama kali mendapatkan pelajaran komputer di Sekolah Dasar. Materi yang diajarkan adalah bagian-bagian dari pada perangkat komputer. Apakah Kalian memang masih ingat apa saja itu. Berikut ini akan coba kami bahas.
  • Perangkat Keras Komputer ( Hardware )

Sebuah Personal Computer (PC) secara fisik dapat kalian langsung lihat, terdiri dari beberapa bagian yaitu adaya Monitor, CPU, Keyboard & Mouse. Itulah yang kalian dapat katakan sebagai dari  perangkat keras. Yaitu bagian - bagian komputer yang bisa kalian lihat secara fisik dan bisa kita sentuh. Dengan demikian, sekarang akan coba kami bahas secara singakat satu - persatu dari komponen tersebut.
    • CPU (Central Processing Unit)

Dari dulu kalian dapat mengenal sebuah kotak balok yang tingginya tidak lebih dari satu meter tersebut dinamakan dengan CPU. Biasanya pada bagian ini diletakan di bawah meja, pada zaman sisem operasi yaitu "DOS" diletakan di bawah monitor. Atau terkadang juga kalian dapat melihat sekarang CPU diletakkan di sisi kanan monitor atau di tindih oleh Monitor..

Di dalam kotak tersebut kadang terdapat banyak sekali perangkat - perangkat penting yang membuat komputer kalian memang berfungsi sebagaimana mestinya.
    • Monitor


Belajar tentang mengenai bagian - bagian komputer dan juga dari fungsinya beserta gambarnya selalu saja kalian berurusan dengan perangkat yang satu ini. Kalau kalian perhatikan dan lihat dari sudut pandang sistem, monitor juga memang merupakan bagian atau komponen output dari sebuah perangkat komputer. Monitor berperan sebagai display atau tampilan yang diinformasikan dan diproses di dalam CPU.
    • Keyboard & Mouse

Kalau kalian mmemang bertanya kepada anak - anak sekolah dasar yang sudah kalian akan mendapatkan pelajaran tentang komputer. Sebutkan bagian-bagian perangkat komputer yang paling kalian ketahui ? Mereka dengan spontan akan menjawab Mouse atau juga Keyboard. Tidak salah, memang dua perangkat ini termasuk bagian - bagian komputer yang memiliki fungsi penting.

Berbeda dengan yang sebelumnya yaitu Monitor, kalau ditinjau dari pada sistemnya, dua benda ini termasuk komponen input dari Keyboard & Mouse berfungsi untuk memberikan sebuah perintah atau masukan kepada CPU untuk diproses dan kemudian akkan langsung ditampilkan dalam layar monitor. Keyboard secara khusus berfungsi untuk memberikan perintah berupa karakter angka tau huruf dan juga simbol. Sedangkan mouse, memberikan perintah enter, option dan juga geser.
  • Perangkat Lunak Komputer (Software)


Belajar dari mengenal bagian - bagian pada komputer dan juga fungsinya, mau tidak mau kalian memang pasti membahas dua hal ini. 

Komponen ini itu seperti ruh pada komputer. Sebuah PC atau komputer yang memang menggunakan tanpa perangkat lunak tidak akan bisa kalian gunakan untuk apapun. Begini secara mudahnya. Komputer itu, merupakan benda yang yang memang bisa kita perintah sesuai dengan yang sudah difitrahnya sebagai komputer. Namun untuk melakukan perintah tersebut kalian harus membutuhkan bahasa atau komponen yang bisa menghubungkan kalian dengan komputer. Itulah perangkat lunak.

Demikian yang dapat kami share untuk kalian semua, Semoga informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment