Breaking

Tuesday, November 14, 2017

Sejarah Komputer dari Generasi Pertama Hingga Saat ini

Hiro-X - Komputer merupakan salah satu berupa perangkat yang cukup penting yang memang dibutuhkan pada era modern saat ini.Berbagai dari model dan juga dari tipe komputer yang memang semakin canggih dengan desain cantik yang terus bermunculan.

Akan Tetapi, awal komputer muncul tidak secanggih ataupun sebagus saat ini atau sekarang. Sejarah komputer diawal penemuannya yang memang memiliki bentuk yang cukup besar dan juga jauh berbeda dengan komputer yang sekarang ini. 
Komputer yang sekarang ini merupakan komputer yang sudah masuk kegenerasi lima. Sebelumnya ada komputer-komputer yang memang belum terlalu sempurna dari generasi ke generasi selanjutnya. Dan berikut ini adalah perkembangan dari perangkat komputer dari awal penemuan hingga saat ini.

Perkembangan Dan Juga Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Saat ini. 

Komputer pada generasi yang pertama, kedua, ketiga, keempat, dan hingga kelima memiliki perbedaan pada bagian nyatanya yaitu bentuk atau pun kemampuannya.

Berikut ulasan untuk sejarah komputer lengkap dari awal hingga saat ini.

1. Penemuan komputer

Nama Charles Babbage sudah dikenal sebagai dari bapak komputer. Nama tersebut tercantum dalam sejarah komputer yang merupakan sebagai penemu pertama dari pada teknologi yang sekarang disebut komputer. Beliau merupakan seseorang yang ahli dalam matematika yang berasal dari Inggris. Kesulitan-kesulitan perhitungan menggunakan tabel pada matematika, memotivasi seorang Charles Babbage untuk membuat cara agar bisa menghitung secara mekanik dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada perhitungan biasa. 

Bapak komputer ini dan kemudian menemukan mesin berupa penghitung yang disebut sebagai Difference Engine yang pertama. Setelah kepergian dari Bapak Charles Babbage, mesin diferensial kembali temuannya dilanjutkan dan juga kembali dirakit oleh anaknya.Walaupun tidak menciptakan komputer seperti saat ini, tetapi penemuan mesin tersebut menjadi salah satu dari bagian yang dikembangkan dalam teknologi komputer saat ini.

Penemuan Charles Babbage ini memang sangat penting dalam sejarah komputer dan bermanfaat hingga sekarang.Sosok bapak komputer ini juga diketahui memiliki banyak penemuan lain. Mulai dari sistem pos yang dijalankan di Inggris, pilot kereta api atau bagian paling depan lokomotif yang bekerja membersihkan rel dari benda-benda yang dapat mengganggu perjalanan kereta. 

Ilmuwan yang terlahir pada tahun 1971 ini mendapatkan banyak penghargaan atas keberhasilan dalam penemuan-penemuannya, terutama untuk teknologi diferensial yang sangat penting pada sejarah komputer. Bapak komputer itu juga telah diberi gelar profesor matematika dari Universitas Cambridge. Dan Pemerintah Inggris memberikan dana untuk penelitiannya Babbage. Sampai pada akhirnya di tahun 1942, bantuan berupa dana untuk Babbage dihentikan oleh pemerintah Inggris. 

2. Komputer Generasi Pertama

Jauh berbeda dengan komputer saat ini yang beratnya hanya menncapai 2 - 4 kilo saja. Komputer generasi pertama yang mempunyai berat mencapai 30 ton pada bagian dari mesinnya. Sejarah komputer pada generasi yang pertama ini memang menarik untuk dibahas. Jika ingin melihat komputer sekarang dan generasi pertama, pasti sangat jelas terlihat perbedaannya bukan?. Mulai dari ukurannya hingga sampai dengan cara kerja dan kemampuan komputernya. 
Pada Tahun 1937, muncul ABC atau Atanasoff Berry Computer yang sudah dianggap sebagai komputer elektronik bagian pertama. Beberapa tahun kemudian, kembali lagi muncul lagi ENIAC atau Electronic Numerical Integrator dan Calculator. Yang merupakan Teknologi digital elektronik tersebut rancangan dari Bapak John Mauchly dan J. Presper Eckert. Rancangan yang sebenarnya sudah ada di tahun 1942 tersebut baru dikerjakan dan selesai tahun 1946 di Universitas Pennsylvania yang dulunya adalah Moore School of Electrical Engineering.

Sejarah dari perkembangan komputer di tahun 1946 hingga 1959 atau pada generasi pertama ini tentu berbeda dari pada komputer saat ini. Komputer yang disebut sebagai dengan ENIAC tersebut memiliki beberapa, 10 ribu kapasitor, 70 ribu resistor, 75 ribu saklar, dan 18 ribu tabung hampa udara. Sudah cukup jelas sekali dari bentuknya yang begitu besar dan bahkan untuk tempatnya membutuhkan ruang yang luas hingga mencapai 500 meter persegi.

Sejarah komputer pada generasi ini memang memiliki ukuran besar.Daya listrik untuk menjalankan mesinnya bahkan mencapai 140 kilowatt. Mesin dari komputer pertama ini juga membutuhkan ruangan yang luas hingga 167 meter persegi. Kemampuan atau program komputernya juga tidak sama seperti sekarang. Pada generasi pertama tersebut, komputer dikembangkan untuk peluru kendali dan desain pesawat.Program komputer pada generasi pertama disebut sebagai machine language.

3. Komputer Generasi Kedua

Di Tahun 1960an penggarapan pada komputer mulai dilakukan oleh para ilmuwan. Yang merupakan seorang Sejarah komputer pada generasi kedua ini mulai lagi kembali dikembangkan dengan transistor yang membuat komputer tersebut menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya. Penggunaan transistor tersebut juga membuat komputer dapat bekerja dengan lebih maksimal.
Bahasa mesin pada komputer pun telah diganti dengan menggunakan bahasa assembly pada komputer digenerasi kedua ini. Pada awal tahun 1960 komputer sudah sangat cukup sukses dan digunakan untuk berbagai bidang. Tidak seperti generasi pertama yang lebih pada perhitungan, komputer generasi kedua yang sudah menggunakan transistor ini digunakan pada instansi pemerintahan dan perguruan tinggi untuk pengerjaan suatu perhitungan ilmiah.Namun harga mesin ini memang masih sangat mahal.

Selain dari ukuran yang lebih kecil dari pada komputer generasi pertama, kemampuannya juga lebih cepat dan juga mampu melakukan real sharing dan serta proses secara real time. Daya listrik yang digunakan pada komputer generasi kedua juga sudah lebih kecil. Komputer generasi kedua ini merupakan hasil dari sejarah komputer yang sukses di pasaran. 

Hal tersebut dikarenakan bukan hanya untuk program bisnis, dan komputer generasi kedua sudah bisa diterapkan manfaatnya untuk bagian dari bidang pendidikan, industri, dan kesehatan. Komputer generasi kedua ini pun telah memiliki kemampuan untuk mencetak data, dan menghitung daftar gaji, hingga melakukan desain dari sebuah produk. Walaupun sudah lebih baik dari pada sebelumnya, komputer generasi kedua masih memiliki yang namanya kekurangan yaitu pada sisi bagian dari transistor. Sejarah komputer dan juga perkembangannya pada generasi kedua ini memiliki kekurangan pada bagian transistor yang digunakan ternyata membuat komputer panas dan bisa merusak komponen pada bagian internal lainnya.

4. Komputer Generasi ketiga 

Berganti kepada komputer dari generasi ketiga yang telah berkembang sangat pesat sejak tahun 1964 hingga sampai dengan 1970. Jack Billy yang memang merupakan seorang ilmuwan yang berhasil membuat penemuan baru yaitu integrated circuit atau IC. Chip kecil tersebut merupakan hasil dari penelitian Jack Bill untuk mengatasi masalah pada bagian transistor yang menimbulkan panas pada komputer sebelumnya. Komputer dengan transistor pun perlahan mulai pada akhirnya ditinggalkan.

Sejarah komputer pada generasi ketiga yang paling inovatif ialah penggunaan IC tadi yang dapat menjadi tempat pada pemasangan untuk banyaknya komponen pada komputer. IC tersebut juga masih digunakan pada mesin komputer saat ini. Di dalam IC komputer generasi kedua ini terpasang 6 buah transistor. Memang cukup sedikit, dan juga jauh berbeda dengan komputer saat ini yang memiliki jutaan transistor pada bagian prosessornya.

Berbeda dari komputer pada sebelumnya, komputer generasi ketiga ini sudah lebih canggih karena bisa digunakan untuk kalian dalam berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Inovasi IC pada bagian prosesor komputer membuat sejarah komputer pada generasi ketiga memiliki kinerja yang lebih cepat dan juga bisa untuk multiprocessing. Komputer generasi kedua ini memiliki kecepatan proses 10 ribu kali lipat dari pada komputer generasi pertama. 

Untuk dapat menyalakan komputer juga tidak menggunakan daya listrik yang cukup terlalu besar seperti sebelumnya. Selain pada bagian daya listrik yang turun, harga komputer pun juga turun dan juga lebih murah dari komputer digenerasi kedua. Kapasitas memori komputer dan generasi ketiga ini juga lebih besar dengan teknologi yang disebut magnetic core storage.

5. Komputer Generasi Keempat 

Sejarah komputer setelah dari masa ke masa pun pada akhirnya terus berkembang cukup pesat. Pada komputer di generasi keempat misalnya yang lebih ringkas pada bagian dari pada ukurannya. IC yang juga digunakan untuk komputer pada generasi ini juga telah dibuatkan dalam chip tunggal yang memiliki kemampuan dalam menampung komponen yang ada di internal komputer dengan jumlah mencapai dengan ribuan. Sudah bermunculan juga yang namanya perusahaan-perusahaan yang membuat IC dan juga teknologi komputer yang lebih baru. Seperti teknologi LSI atau Large Scale Integration yang juga disebut sebagai Bipolar LSI. 
Chip kecil yang berbentuk persegi empat menjadi kemajuan di dunia komputer. Chip tersebut membuat para komputer lebih cepat dan ukurannya juga lebih kecil dari pada sebelumnya. Pada perkembangannya chip untuk LSI ini berubah menjadi VLSI atau Very LSI. Chip dengan ratusan ribu IC yang ada di dalam komponennya. Teknologi tersebut terus kembali dikembangkan hingga muncul komputer mikro. Semikonduktor dan juga bagian mikroprosesor juga dibuat dalam bentuk chip.

Pada tahun 1970an yang muncul perusahaan yang memperkenalkan mikrokomputer 4 bit. Dan Perusahaan tersebut adalah Intel yang memiliki memang memiliki teknologi canggih yang juga digunakan pada komputer-komputer yang hadir saat ini. Pada komputer generasi keempat ini, chip yang kembali digunakan untuk prosesor berisi 230 transistor yang bisa menjalankan 60 ribu operasi dalam hitungan detik. Dan juga muncul lagi teknologi mikrokomputer 8 bit yang dikeluarkan oleh Intel pada tahun 1972. 

Sejarah komputer yang pada masa itu dikenal dengan bagian layar pada bagian monitornya yang menggunakan green color atau juga satu warna saja. Komputer pada generasi keempat ini sudah banyak dibuat oleh para perusahaan-perusahaan komersial yang besar. Bedanya dari komputer saat ini adalah komputer generasi keempat tidak dapat menggunakan standar komputer seperti PC. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman komputer generasi keempat ini sudah menggunakan Microsoft Basic dengan menggunakan CPM untuk sistem kontrol pada pengoperasiannya.

6. Komputer Generasi Kelima 

Sejarah komputer generasi kelima dimulai sejak tahun 2000an dan merupakan sebagai komputer yang dikenal sekarang ini. Tentunya sudah menggunakan PC sebagai standar dari komputernya. Ada banyak perusahaan yang memang berhasil mengembangkan teknologi komputer. Seperti Intel dan juga Microsoft yang membuat teknologi PC pada sebuah komputer yang lebih canggih. Kini Teknologi di PC dari perusahaan Bill Gates tersebut digunakan sebagai standar internasional untuk pembuatan software dan hardware komputer.
Sejarah komputer saat ini sudah sangat begitu pesat dan juga sudah semakin canggih. Perkembangan generasi kelima ini lah yang memang kemudian mengenal pentium sebagai salah satu dari mikroprosesor canggih untuk banyaknya komputer. Banyak yang menyebut perkembangan komputer saat ini sebagai dari generasi pentium. Teknologi prosesor tersebut benar-benar canggih dan juga bisa menjalankan proses dengan kecepatan hingga 2 GHz. 

Pada generasi bagian yang pertama komputer juga telah menggunakan tabung hampa, dengan transistor pada generasi yang kedua. Berlanjut pada generasi yang ketiga yang juga menggunakan IC dan generasi keempat menggunakan VLSI. Peningkatan yang juga memiliki kemampuan komputer generasi kelima benar-benar lebih maju dan juga menjadi lebih modern dengan penggunaan mikroprosesor ULSI pada generasi kelima ini. Sejarah komputer dari generasi ke generasi yang paling banyak memang terjadi pada generasi kelima ini. 

Chip yang telah digunakan untuk menyimpan komponen internal, membuat para kinerja komputer yang lebih cepat dan juga memiliki ukurannya pun lebih kecil. Bisa dilihat dari komputer-komputer sekarang yang lebih kecil bagian dari PC-nya. Layar monitor pada komputer sekarang pun juga memiliki jutaan warna dengan resolusi yang semakin tajam. Sejarah komputer yang dimulai dari bentuknya yang begitu sangat besar, kini tampil dengan bentuk yang lebih kecil bahkan bisa kalian lakukan pindah-pindahkan. Seperti perangkat laptop yang menjadi bukti dari pada perkembangan dunia komputer.

No comments:

Post a Comment