Breaking

Tuesday, December 5, 2017

Apa itu Sebenarnya Catalyst Control Center (CCC.exe)?

Hiro-X - Catalyst Control Center merupakan sebuah utilitas yang disertakan dengan driver yang membuat kartu video atau kartu grafis dengan jenis AMD kalian dapat bekerja. Ini muncul sebagai CCC.exe di task manager Kalian, dan dalam situasi yang seperti ini, Kalian tidak perlu khawatir tentang hal itu. Kalian akan mungkin harus menggali ke dalam Control Center Catalyst Kalian jika Sedang bermain game di komputer yang kalian pergunakan, dan mungkin memerlukan perhatian jika macet, tapi biasanya  Kalian akan aman dengan membiarkannya sendiri.
Apa yang dilakukan oleh Pusat Kontrol Catalyst?

Catalyst Control Center dijalankan pada saat Kalian akan menghidupkan komputer yang akan kalian pergunakan, karena harus berjalan di latar belakang untuk dapat mengelola pengoperasian kartu video AMD Kalian. Perangkat lunak yang sama juga digunakan untuk mengelola kartu video ATI sebelum AMD membeli ATI, sehingga komputer yang lebih tua dengan kartu grafis ATI mungkin juga memiliki CCC.exe yang terpasang.

Jika Kalian tidak bermain video game di komputer yang kalian pergunakan, Kalian akan mungkin tidak akan pernah menyentuh Catalyst Control Center, tapi jika Kalian memang melakukannya, ini sangat mudah. Perangkat lunak ini memungkinkan Kalian akan memeriksa pembaruan driver untuk kartu video Kalian dan juga mengelola pengoperasian kartu.

Beberapa hal dasar yang dapat Kalian lakukan dengan Catalyst Control Center termasuk mengubah resolusi, atau area desktop, dan tingkat penyegaran layar Kalian. Ada juga banyak pengaturan yang lebih maju yang banyak berguna bagi gamer. Misalnya, Kalian telah dapat mengubah pengaturan anti-aliasing di dalam Catalyst Control Center, yang dapat menghilangkan tepi bergerigi dari objek 3D.

Jika Kalian memang memiliki laptop yang memiliki dua kartu video, Kalian juga dapat menggunakan Catalyst Control Center untuk beralih di antara keduanya. Ini berguna jika kalian memang ternyata dapat melihat performa buruk saat bermain game, yang bisa disebabkan jika permainan tidak menggunakan kartu video AMD bertenaga tinggi Kalian.

Bagaimana cara mendapatkan CCC.exe di My Computer?

Jika Kalian memang memiliki kartu video berupa grafis dari AMD, maka CCC.exe biasanya dipasang bersamaan dengan adanya driver yang benar-benar membuat kartu kerja.

Meskipun memungkinkan untuk kalian dapat menginstal hanya driver, tanpa Catalyst Control Center, akan lebih umum untuk memasangnya bersama sebagai satu paket. Executable lainnya, seperti MOM.exe, juga disertakan dalam paket.

Dalam keadaan yang kurang umum, mungkin saja Kalian akan terkena virus atau malware yang menyamar sebagai Pusat Kontrol Catalyst. Jika Kalian memang memiliki kartu video Nvidia, dan komputer Kalian tidak pernah memasang kartu grafis dari AMD, ini mungkin tidak akan terjadi.

Apakah CCC.exe adalah Virus?

Sementara CCC.exe bukan berupa virus saat Kalian akan mendownloadnya langsung dari AMD, mungkin saja virus tersebut menyamar sebagai format dari CCC.exe. Program anti-virus atau anti-malware yang baik akan mengambil jenis masalah tersembunyi ini, Akan tetapi kalian juga bisa melihat lokasi CCC.exe di komputer yang kalian telah pergunakan. Kalian juga akan dapat melakukannya dalam enam langkah sederhana:
  • Tekan dan tahan tombol kontrol + alt + delete pada keyboard yang kalian pergunakan.
  • Klik task manager
  • Klik tab proses.
  • Cari CCC.exe di kolom nama.
  • Tuliskan apa yang tertulis di kolom baris perintah yang sesuai.
  • Jika tidak ada kolom command line, klik kanan kolom name lalu klik kiri dimana tertulis command line.

Jika salinan CCC.exe Kalian memang sah, lokasi yang diberikan di kolom baris perintah akan serupa dengan Program Files (x86) / ATI Technologies.

Kapan pun CCC.exe muncul di lokasi lain, itu merupakan indikasi bahwa itu mungkin adalah berupa virus yaitu malware.

Cara Memperbaiki Masalah CCC.exe

Saat CCC.exe mengalami masalah, hal itu mungkin dapat menyebabkan pesan kesalahan muncul di layar Kalian. Beberapa pesan kesalahan umum meliputi:
  • CCC.exe telah berhenti bekerja
  • CCC.exe telah mengalami masalah
  • Catalyst Control Center: aplikasi host mengalami kesalahan dan perlu ditutup

Ini biasanya terjadi ketika ada yang rusak, dan solusi yang paling umum adalah dengan cara memperbaiki instalasi Catalyst Control Center atau memasangnya kembali. Pada versi Windows yang lebih lawas, Kalian akan dapat melakukannya di bagian Program and Features di Control Panel.

Di Windows 10, Kalian memang perlu menavigasi ke Apps and Features di Windows Settings.

Pilihan yang lebih mudah ialah dengan mendownload versi Catalyst Control Center versi terbaru langsung dari situs AMD. Saat Kalian akan menjalankan installer Catalyst Control Center, Kalian memang harus menghapus versi yang rusak dan menginstal versi kerja.

Karena Catalyst Control Center bukanlah utilitas yang diperlukan, Kalian juga bisa mencegahnya berjalan saat komputer Kalian pada saat menyala. Ini akan mencegah Kalian untuk dapat mengakses pengaturan lanjutan untuk kartu video Kalian, Akan tetapi, juga harus menghentikan pesan kesalahan yang memang mengganggu.

No comments:

Post a Comment