Breaking

Tuesday, December 5, 2017

Cara Memperbaiki Sideways atau Upside Down Screen di Windows

Hiro-X - Jadi, tampilan layar pada PC desktop Windows atau laptop kalian ternyata tiba-tiba menyamping atau terbalik dan Kalian mungkin tidak tahu harus berbuat apa. Jangan panik Kalian tidak perlu menjulurkan leher atau secara fisik membalik monitor Kalian. Ini adalah situasi yang jauh lebih umum daripada yang mungkin yang memang telah kalian pikirkan, dan biasanya dapat diselesaikan hanya dengan cara pintas keyboard atau beberapa klik mouse.
Alasan paling mungkin ialah kalian akan menemukan diri Kalian ternyata berada dalam kesulitan ini adalah karena Kalian memang telah secara tidak sengaja menekan tombol yang salah, salah menyesuaikan pengaturan tampilan atau menghubungkan monitor eksternal atau perangkat pandang lainnya.

Berikut adalah cara memperbaiki layar samping atau samping pada Windows 7, 8, dan 10.

Cara pintas keyboard

Dalam beberapa skenario, pintasan yang ada pada keyboard berikut dapat digunakan untuk memutar tampilan Layar Kalian. Apakah jalan pintas ini tersedia tergantung pada beberapa faktor termasuk kartu video apa yang ada di sistem yang kalian pergunakan dan juga perangkat lunak apa yang memang telah kalian instal. Mungkin juga konfigurasi khusus Kalian yang memang telah menawarkan kombinasi hotkey ini, namun perlu diaktifkan secara manual sebelum bisa digunakan. Sebaiknya Kalian juga harus mengambil rute keyboard terlebih dahulu, karena cukup cepat dan mudah dan bisa berguna jika Kalian memang sedang menghadapi masalah ini lagi di masa mendatang.

Kombinasi pintasan keyboard yang paling umum untuk memutar layar Anda ialah sebagai berikut: CTRL + ALT + Panah Atas, CTRL + ALT + Panah Bawah, CTRL + Alt + Panah Kiri, CTRL + Alt + Panah Kanan. Jika menekan tombol ini secara bersamaan sepertinya tidak berpengaruh, Kalian akan dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa tombol pintas diaktifkan dengan kartu grafis khusus Kalian atau bisa melanjutkan ke metode berikutnya yang ditunjukkan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah ini.

Untuk mengaktifkan atau mematikan hotkeys, klik kanan di ruang kosong di desktop Kalian. Sebuah menu akan muncul berisi beberapa pilihan. Bergantung pada pengaturan yang kalian Setting, Kalian juga akan mungkin melihat opsi berlabel Graphic Settings atau yang serupa, dari mana Memang Kalian seharusnya bisa mengendalikan aktivasi hotkey. Perhatikan bahwa opsi ini hanya tersedia pada perangkat keras tertentu.

Pengaturan Orientasi Tampilan

Jika metode pintas keyboard tidak dapat memperbaiki masalah Kalian, maka kalian juga akan dapat ubah orientasi tampilan Kalian dengan melalui antarmuka pengaturan Windows.

Windows 10
  • Klik kanan pada ruang kosong di manapun di desktop Kalian.
  • Saat menu konteks muncul, pilih opsi Display Settings.
  • Setelan tampilan Kalian sekarang harus terlihat di jendela baru. Jika Kalian memang tidak dapat mengklik kanan dengan mouse Kalian untuk beberapa alasan, cara lain untuk mengakses antarmuka ini ialah dengan memasukkan teks berikut ke dalam Windows 10 Cortana atau bilah penelusuran dasar dan pilih hasil yang sesuai: pengaturan tampilan.
  • Pilih Landscape dari menu drop-down berlabel Orientation.
  • Klik tombol Apply, yang seharusnya langsung memutar layar Kalian.
  • Dialog biru dan putih sekarang akan muncul, menanyakan apakah Kalian memang ingin mempertahankan orientasi layar baru Kalian atau kembali ke tampilan sebelumnya. Jika Kalian merasa puas dengan tampilan yang diperbarui, klik tombol Keep changes. Jika tidak, pilih Kembalikan atau jangan mengambil tindakan dan tunggu 15 detik.

Windows 8
  • Klik pada tombol Windows, temukan di pojok kiri bawah layar.
  • Saat menu pop-out muncul, pilih opsi Control Panel (Panel Kontrol).
  • Setelah antarmuka Control Panel muncul klik pada Adjust screen resolution, yang terletak di bagian Appearance and Personalization.
  • Perubahan tampilan tampilan layar Kalian sekarang harus terlihat. Klik pada menu drop-down Orientasi dan pilih opsi Landscape.
  • Selanjutnya, klik Apply untuk segera menerapkan perubahan ini.
  • Dialog sekarang harus muncul yang berisi dua tombol, yang meminta Kalian untuk memilih apakah Kalian memang ingin orientasi layar baru tetap aktif atau tidak. Untuk melakukannya, klik pada Keep changes. Untuk kembali ke setting sebelumnya, tunggu 15 detik agar prompt kedaluwarsa atau pilih tombol Kembalikan.

Windows 7
  • Klik pada tombol menu Windows, yang terletak di sudut kiri bawah layar.
  • Saat menu pop-out muncul, pilih Control Panel.
  • Antarmuka Panel Kontrol sekarang harus ditampilkan. Klik pada link Adjust screen resolution, yang terletak di sisi kanan jendela di bawah judul Appearance and Personalalization.
  • Layar baru dengan header berikut sekarang harus terlihat: Mengubah tampilan layar Kalian. Pilih Landscape dari menu drop-down Orientasi.
  • Klik pada tombol Apply, yang seharusnya menyebabkan tampilan Kalian agar dapat diputar sesuai permintaan.
  • Dialog Display Display kecil akan muncul, overlay antarmuka Control Panel. Jika Kalian ingin mempertahankan tampilan yang baru diputar, pilih Simpan perubahan. Jika tidak, klik tombol Kembalikan atau tunggu 15 detik agar perubahan membalikkan dirinya secara otomatis.

No comments:

Post a Comment